[Artistalk] Spontanitas Satu Buah Profesi, Wawancara Dgn 2D Artist Dari Touchten

[Artistalk] Spontanitas Satu Buah Profesi, Wawancara Dgn 2D Artist Dari Touchten
Seperti yg pernah aku singgung di segmen Artistalk diawal mulanya, kita tak mau tahu bakal menjadi apa kita nantinya di periode depan. Terkadang kita telah mempunyai gagasan tersendiri utk profesi kita di periode depan, namun tiba-tiba nasib mengambil kita ke hasil akhir yg tidak serupa. Kasus seperti inilah yg nampaknya dialami oleh Hironimus Rian, satu orang lulusan IT yg sekarang berprofesi yang merupakan 2D artist di perusahaan game lokal terpopuler, Touchten.

Hironimus Rian yg akrab dipanggil Rian mempunyai pengalaman yang merupakan seseorang supervisor 2D artist di Gameloft Yogyakarta sebelum hasilnya bergabung bersama Touchten di Jakarta. Pengalamannya di industri game mencakup ke pelaksanaan game utk telepon selular berbasiskan Java, hingga ke handphone pintar bersama OS Android & IOS.

Tidak Dengan panjang lebar lagi, segera saja kita mulai sejak obrolan bersama 2D artist yg satu ini.



Hironimus Rian | Artwork (1)

Hironimus Rian | Artwork (2)



Hironimus Rian | Artwork (3)

Halo Rian, dapat perkenalkan diri anda ke pembaca Games in Asia?

Halo-halo, nama aku Hironimus Rian, biasa dipanggil Rian. Dikala ini aku bertugas di Touchten Games yang merupakan 2D artist.

Itu saja, terlampaui singkat ya? Hahaha…

Hahaha it’s okay, dikarenakan pertanyaan berikutnya masihlah berhubungan sama yg perdana. Boleh narasi dengan cara apa asalnya anda dapat menjadi artist seperti waktu ini ini?

Sebenarnya benar-benar dari mungil aku telah menyukai gambar, namun cuma sebatas hobi saja. Bahkan hingga lulus SMA pula tak sempat kepikiran utk serius menekuni hobi ini menjadi profesi. Sebab Itu diwaktu kuliah dahulu aku memilih jurusan IT yg benar-benar disaat itu sedang tren. Hahaha.

Tetapi lama kelamaan kelihatannya aku sadar apabila aku salah jurusan, kapasitas otak tak hingga bisa jadi. Belum kerja saja telah stres, dengan cara apa seandainya telah kerja di bagian IT kelak. Hasilnya aku putuskan daripada memaksakann otak, tambah baik cari tugas cocok bersama kegemaran aku saja.

Kebetulan diwaktu itu berdekatan dgn kelulusan saya(yg di raih dgn sulit payah), Gameloft Indonesia sedang bukan lowongan buat 2D artist. Iseng-iseng aku cobalah mendadaftar & ikut tes, untungnya keterima.

Selagi diwaktu anda kuliah hingga bekerja di Gameloft, apakah anda punyai pengalaman yang merupakan ilustrator profesional?

Lalu disaat kuliah pernah cobalah serabutan jualan kaus lukis, iseng-iseng berhadiah lah. Entah itu termasuk juga profesional atau tak.

Silahkan anggap saja itu profesional ya. Berikutnya, tadi anda telah narasi dengan cara apa anda dapat masuk ke industri game, tetapi ada argumen kusus tak mengapa anda memilih game yang merupakan fasilitas pilihanmu?

Sebenarnya tak ada argumen kusus sih, yg utama sanggup berkreasi melalui gambar saja. Kebetulan dari awal masuk serta-merta ke dunia game, & nyata-nyatanya betah hingga kini. diluar itu, terhadap dasarnya benar-benar dari dahulu hobi bermain game, tapi tak hingga ke level “hardcore” seperti umumnya kawan-kawan lain yg kerja didunia game.

Anda mempunyai pengalaman bekerja di Gameloft & Touchten. Ada perbedaan agung tak yg anda rasakan dari bekerja di dua perusahaan tersebut?

Perbadaanya terang ada & teramat terasa ya. Tidak Hanya sebab ke-2 perusahaan ini punyai target market yg tidak serupa, proses bekerjanya juga tidak sama. Selagi di Gameloft aku lebih tidak jarang mengerjakan pixel art, sedangkan di Touchten ini gayanya lebih ke painting.

Tidak Hanya itu jumlah anggota tim produksi di Gameloft itu amat sangat agung, berbanding terbalik dgn Touchten yg timnya lebih mungil. Elemen ini pula terang memberikan kesan & pengalaman yg beda.



Hironimus Rian | Artwork (5)

Hironimus Rian | Artwork (4)

Hironimus Rian | Artwork (8)

Apakah anda miliki pandangan sendiri berkenaan industri game dalam negara?

Meski mampu dibilang tetap bujang & berkembang, menurut aku perkembangan industri game lokal pass memuaskan. Telah tidak sedikit studio game dalam negara bermunculan, & semuanya serta pass produktif. Platform yg dijangkau serta udah makin bervariasi, sejak mulai dari mobile, desktop, hingga ke web-based.

Rata Rata apa yg menjadi memberikan inspirasi anda saat menggambar? Apakah dari lingkungan kurang lebih atau murni dari mengkhayal?

Lantaran aku masihlah menggali ilmu, rata-rata sih tidak sedikit cari referensi dari browsing. Siapa tahu sanggup bisa menginspirasi.

Apakah anda miliki ilustrator idola?

Ada tentunya.

Ilustrator pujaan aku itu mbak yg namanya Lois van Baarle ato yg dikenal pula bersama nama loish.

Hironimus Rian | Artwork (6)

Hironimus Rian | Artwork (7)

Hingga di situ lalu perbincangan aku dgn Hironimus Rian yg yakni 2D artist dari Touchten Games. Kalau anda berminat buat menonton karya dirinya yg yang lain, anda sanggup mencoba jenguk link yg aku menyediakan di akhir artikel ini.

Kalau anda ada pertanyaan atau saran berkaitan apapun yg berhubungan dgn seri artikel ini, sampaikan lewat kolom komentar dibawah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Canggih) Cara Nonton Film di TV Lewat Flashdisk

2 Cara Mengambil Uang Dari Youtube Atau Adsense

15 Situs Download Film Terbaru Dalam Dan Luar Negeri