Cara Mudah Install Dual Boot Kali Linux di Mac OS

Sejak Pertama kali di rilis seri awal dari Kali Linux 1.0.8, Ternyata Kali Linux telah mendukung EFI yakni sebuah fitur keluar dari kotak atau bisa dibilang Fitur Cara Mudah Install Dual Boot Kali Linux di Mac OS . fitur ini berupa fitur tambahan yang menyederhanakan proses penginstallan kali linux dan dijalankan pada berbagai opertaing system seperti Apple MacBook Air, Pro, dan model Retina
 Image result for cara dual boot kali linux di  mac os
bericara tentang model dari perangkatnya maka bisa di katakan si kali linux ini akan menentukan seberapa sukses pengalaman dalam menginstall perangkat yang lebih baru sehingga tentu anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik bekerja. Pra-menginstal refind juga dapat meningkatkan peluang sukses pada perangkat yang lebih tua. terutama perangkat yang bisa dibilang sudah kadaluarsa.
 
Panduan kali ini akan menunjukkan kepada Anda untuk dual-boot OSX (mack os) dengan Kali Linux dengan cara hanya menggunakan refind, dengan pilihan enkripsi partisi Kali Linux. Jika Anda ingin mengganti OSX benar, silakan anda dapat melihat panduan Boot Kali di Mac dengan Hardware Tunggal kami.
 
Nah Dengan menggunakan  perangkat lunak pihak ketiga yakni refind (garpu dari mereparasi) maka kita akan mampu untuk membuka menu boot yang digunakan di Apple OSX OS, meno boot ini terbilang sangat sempurna untuk jenis dual boot. Hal ini juga memiliki keuntungan untuk perangkat yang lebih tua boot dari USB yang tentunya tidak akan bisa sebaliknya. Setelah Kali Linux diinstal, refind dapat disesuaikan untuk disembunyikan atau dihapus sepenuhnya di dalam perngkat anda .

Prasyarat instalasi
 
1. Minimal ruang disk 10 GB untuk Kali Linux menginstal. 
2. Minimal RAM 512MB. 
3. Perangkat lebih tua dari 'akhir 2012', mungkin memerlukan DVD kosong. USB booting mungkin tidak bekerja tanpa refind pra-instal. 
4. Untuk perangkat yang lebih baru dari 'akhir 2012', Anda akan memerlukan DVD kosong atau USB drive. 
5. Silahkan siapkan OSX 10.7 atau lebih tinggi

Mempersiapkan Instalasi

  1. Download Kali linux.
  2. silahkan anda Burn Kali Linux pada  gambar IOS ke DVD .
  3. Kemudian silahkan Backup informasi penting pada perangkat media eksternal.

Cara Mempersiapkan OSX (Instalasi refind)

  1. Pada saat ini, versi terbaru dari Refined adalah 0.8.3. Silahkan Dapatkan "DISINI"
    Boot ke OSX dan men-download kemudian silahkan salinan lokal
    .  
  2. osx:~ mbp$ curl -s -L http://sourceforge.net/projects/refind/files/0.8.3/refind-bin-0.8.3.zip -o refind.zip
  3. Setelah men-download refind, ekstrak isi dari file zip dan jalankan instalasi shell skrip dengan sudo
  4.  
    osx:~ mbp$ unzip -q refind.zip
    osx:~ mbp$ cd refind-bin-*/
    osx:refind-bin-0.8.3 mbp$ sudo bash install.sh

    WARNING: Improper use of the sudo command could lead to data loss
    or the deletion of important system files. Please double-check your
    typing when using sudo. Type "man sudo" for more information.

    To proceed, enter your password, or type Ctrl-C to abort.

    Password:
    Installing rEFInd on OS X....
    Installing rEFInd to the partition mounted at //
    Copied rEFInd binary files

    Copying sample configuration file as refind.conf; edit this file to configure
    rEFInd.

    WARNING: If you have an Advanced Format disk, *DO NOT* attempt to check the
    bless status with 'bless --info', since this is known to cause disk corruption
    on some systems!!

    Installation has completed successfully.

    osx:refind-bin-0.8.3 mbp$

Kali Linux Partitioning Procedure

  1. Sebelum kita dapat menginstal Kali Linux, Hal pertam yang perlu kita lakukan adalah membuat adanya ruang di hard disk. Oleh boot ke sesi Kali , kita dapat mengubah ukuran partisi dengan ukuran yang kita inginkan. Untuk melakukannya, daya pada perangkat dan segera tekan dan tahan tombol Option sampai Anda melihat menu refind booting.
  2. 01-rEFInd
  3. Bila menu booting muncul, masukkan media instalasi yang Anda pilih. Jika semuanya bekerja seperti yang diharapkan, Anda akan melihat dua volume sebagai berikut :
    • EFI – EFI\BOOT\syslinux.efi from 61 MiB FAT volume
    • Windows – Legacy OS from FAT volume
  4. Meskipun Kali Linux didasarkan pada Debian, Apple / refind ternyata mampu mendeteksi sebagai Windows.
     
    Pilih volume Windows untuk melanjutkan.
    a. Jika Anda menggunakan DVD, Anda mungkin perlu untuk menyegarkan menu dengan menekan ESC sekali disk jika berputar penuh.
     b. Jika Anda masih hanya melihat satu volume (EFI), maka media instalasi tidak didukung untuk perangkat Apple. Jika Anda belum melakukannya, Anda mungkin ingin menginstal refind dan coba lagi.
     c. Jika Anda memilih volume EFI, booting akan menggantung, nah pada saattersebut maka Anda tidak akan dapat melanjutkan.

    02-rEFInd_boot
  5. Selanjutnya, Anda akan disambut dengan layar Kali Boot. Pilih Live dan Anda harus boot ke desktop default Kali Linux.
  6. 03-live-boot-menu
  7. Kita dapat menggunakan GParted untuk mengecilkan OSX partisi yang ada (HFS +), memungkinkan kita untuk menginstal Kali di ruang bebas. Anda dapat menemukan GParted di menu Kali dengan menavigasi ke: Applications -> System Tools -> GParted Partition Editor 
  8. 04-gparted_menu
  9. Setelah GParted telah dibuka, pilih partisi OSX Anda. Tergantung pada sistem Anda, biasanya akan menjadi partisi kedua, yang lebih besar. Dalam contoh kita, ada tiga partisi: EFI peningkatan partisi (/ dev / sda1), OSX (/ dev / sda2), dan Sistem Pemulihan (/ dev / sda3). Mengubah ukuran partisi OSX dan meninggalkan ruang yang cukup (10 GB minimum) untuk instalasi Kali.
  10. 05-gparted_resize

Proses Kali Linux Installasi

  1. Untuk memulai instalasi Kali Linux, ulangi langkah 1 dan 2 di atas untuk boot ke layar boot Kali Linux. Setelah Anda dapat melihat layar boot, pilih 'Hidup', 'grafis Install' atau '(Text Mode) Install' untuk memulai setup. Dalam panduan ini, kami memilih 'grafis Install'.
  2. 03-boot-menu
  3. Silahkan Pilih bahasa pilihan Anda dan kemudian lokasi negara Anda. Anda juga akan diminta untuk mengkonfigurasi keyboard anda dengan keymap yang sesuai.
  4. 05-lanuage
  5. Pada tahap ini, installer akan menyalin gambar ke hard disk Anda, menyelidiki antarmuka jaringan Anda, dan kemudian meminta Anda untuk memasukkan nama host maka nama domain untuk sistem anda. Pada contoh di bawah, kita sudah memasuki 'Kali' sebagai nama host kami.
     A. Jika setup terdeteksi beberapa NIC, mungkin meminta Anda mana yang akan digunakan untuk instalasi.
     B. Jika NIC yang dipilih adalah 802.11 berbasis, itu akan meminta informasi jaringan nirkabel untuk mengumpulkan, sebelum disuruh untuk nama host.
     C. Jika tidak ada layanan DHCP berjalan pada jaringan, ia akan meminta Anda untuk secara manual memasukkan informasi jaringan setelah menyelidik untuk antarmuka jaringan.
     D. Jika Kali Linux tidak mendeteksi NIC Anda, Anda juga perlu menyertakan driver untuk itu ketika diminta, atau menghasilkan kustom Kali Linux ISO dengan mereka pra-dimasukkan.
  6. 06-hostname
  7. Masukkan password yang mudah anda ingat dan sulit untuk orang lain guna membuat account root.
  8. 07-root-password
  9. Lanjut silahkan anda atur zona waktu.
  10. 08-time-date
  11. Installer akan menyelidiki disk Anda dan menawarkan lima pilihan. Dalam contoh kita, kita menggunakan partisi cadang yang kami buat selama modus hidup, jadi kami pilih 'Dipandu - menggunakan ruang bebas terbesar berkelanjutan'.
         Pengguna yang berpengalaman anda silahkan dapat menggunakan 'Manual' pilihan untuk pilihan konfigurasi granular. Opsi ini juga akan memungkinkan Anda untuk mengatur LVM terenkripsi, sehingga Kali Linux akan dienkripsi sepenuhnya. Layar kemudian akan meminta Anda untuk memasukkan sandi. Anda harus memasukkan password yang sama setiap kali Anda memulai Kali Linux.
  12. Kali otomatis akan aman menghapus hard disk sebelum meminta password. Ini mungkin memakan 'sementara' (jam) tergantung pada ukuran dan kecepatan drive. Jika Anda ingin mengambil risiko itu, Anda dapat melewati itu. Saran silahkan dilewati saja.
    12-partition
  13. Tahap berikutnya adalah memilih struktur partisi yang ingin Anda gunakan. Kami akan pergi ke depan dan menggunakan pilihan default dan memiliki segala sesuatu pada satu partisi. Setelah itu akan menampilkan gambaran. Jika Anda setuju dengan apa yang menyarankan, tekan tombol terus.
  14. 14_structure
  15. Berikutnya, Anda akan memiliki satu kesempatan terakhir untuk meninjau konfigurasi disk Anda sebelum installer membuat perubahan ireversibel. Setelah Anda klik Lanjutkan, installer akan pergi bekerja dan Anda akan memiliki instalasi hampir selesai.
  16. 15_check
  17. Layar ini mengkonfigurasi penggunaan cermin jaringan internet kami. Kali dapat menggunakan repositori pusat online kami untuk mendistribusikan aplikasi untuk menjaga paket up-to-date dan memungkinkan untuk program tambahan untuk diinstal lebih mudah. Jika Anda perlu memasukkan informasi proxy yang tepat, layar berikutnya akan memungkinkan Anda untuk memasukkan rincian yang diperlukan.
    Jika Anda memilih 'NO' di layar ini, Anda tidak akan dapat menginstal paket dari repositori Kali sampai Anda mengubah sumber Anda
  18. 13-package-manager
  19. Selanjutnya, Silahkan anda instal GRUB bootloader.
  20. 14-grub
  21. Nah Terakhir, klik 'Lanjutkan' untuk menyelesaikan pemasangan Kali Linux. Hal ini sangat menyarankan bahwa Anda me-restart komputer Anda pada tahap ini.
    Setelah selesai, ulangi 2 langkah pertama lagi untuk boot ke 'Hidup modus' sekali lagi.
  22. 15-finish
  23. Jika paket gDisk tidak termasuk dalam Kali Anda Linux ISO, pertama anda perlu menginstalnya. Jika Anda mengaktifkan repositori jaringan selama setup, ini dapat dengan mudah dilakukan:
    Update apt-get
    apt-get install gDisk
  24. Sekarang Kita akan mengubah Master Boot Record (MBR) untuk hibrida, yang akan memungkinkan untuk Apple EFI untuk mendeteksi dan boot menggunakan GRUB.
    Setelah selesai, matikan perangkat dan menghapus media berikut caranya :
  25. root@kali:~# gdisk /dev/sda
    GPT fdisk (gdisk) version 0.8.5

    Partition table scan:
    MBR: protective
    BSD: not present
    APM: not present
    GPT: present

    Found valid GPT with protective MBR; using GPT.

    Command (? for help): p
    Disk /dev/sda: 976773168 sectors, 465.8 GiB
    Logical sector size: 512 bytes
    Disk identifier (GUID): 1B3DB3D4-ECFD-47A1-9435-F2FF318C2F55
    Partition table holds up to 128 entries
    First usable sector is 34, last usable sector is 976773134
    Partitions will be aligned on 8-sector boundaries
    Total free space is 245 sectors (122.5 KiB)

    Number Start (sector) End (sector) Size Code Name
    1 40 409639 200.0 MiB EF00 EFI System Partition2 409640 548413439 261.3 GiB AF00 Macintosh3 975503592 976773127 619.9 MiB AB00 Recovery HD4 548413440 548415487 1024.0 KiB EF025 548415488 958138367 195.4 GiB 07006 958138368 975503359 8.3 GiB 8200
    Command (? for help): r

    Recovery/transformation command (? for help): h

    WARNING! Hybrid MBRs are flaky and dangerous! If you decide not to use one,
    just hit the Enter key at the below prompt and your MBR partition table will
    be untouched.

    Type from one to three GPT partition numbers, separated by spaces, to be
    added to the hybrid MBR, in sequence: 5
    Place EFI GPT (0xEE) partition first in MBR (good for GRUB)? (Y/N): y

    Creating entry for GPT partition #5 (MBR partition #2)
    Enter an MBR hex code (default 07): 83
    Set the bootable flag? (Y/N): y

    Unused partition space(s) found. Use one to protect more partitions? (Y/N): n

    Recovery/transformation command (? for help): w

    Final checks complete. About to write GPT data. THIS WILL OVERWRITE EXISTING
    PARTITIONS!!

    Do you want to proceed? (Y/N): y
    OK; writing new GUID partition table (GPT) to /dev/sda.
    The operation has completed successfully.
    root@kali:~#
  26. Pada tahap ini, kita dapat menggunakan kedua Kali Linux dan OSX dan pilih mana yang kita ingin menggunakan saat start up.
  27. 20-refind

Cara Mengatur Konfigurasi rEFInd

Jika Anda ingin, Anda dapat mengubah refind dalam berbagai cara sekarang, termasuk:

     1. Default OS pilihan (secara default adalah OSX)
     2. Silahkan atur nilai timeout (secara default adalah 20 detik)
     3. booting langsung ke OS default (Catatan, dengan menekan Options saat boot, Anda akan memiliki menu booting satu kali)
     4. Hapus refind, memungkinkan penggunaan menu Apple tradisional (booting ke OSX dan Kali Linux akan tetap bekerja)
Jika Anda ingin membuat dari perubahan ini, boot ke OSX, dan mengubah file berikut:
OSX: ~ MBP $ sudo nano /EFI/refind/refind.conf
  • Penting : Nilai timeout mengontrol berapa lama Anda harus memilih OS dari menu boot. Dengan menetapkan ke '-1', akan boot langsung ke OS default.
  • 21-refind_timeout
  • Nilai 'default_selection' set pilihan default pada startup. OSX akan berada di posisi '1' dan Kali akan di '2'. Dalam contoh ini, kita akan menggunakan OSX sebagai default.
  • 22-refind_default
  • Nah Jika kita akan menggabungkan dua perubahan dan menyimpan perubahan ,  maka waktu berikutnya kita booting ulang, itu akan mebuat tidak ada yang berubah dari sebelum saat kita menginstal Kali Linux. Namun, jika kita tahan 'Options' kunci untuk menu boot Apple, kita akan lihat berikut:
    • EFI Boot – OSX
    • Windows – Kali Linux
    • Recovery HD – OSX’s Recovery Partition
23-done
Menggunakan menu boot Apple, nama-nama nilai tidak dapat diubah. Jika Anda ingin menyesuaikan nilai-nilai ini, Anda akan perlu menggunakan refind untuk merubahnya secara manual. dan tentunya kan menguras waktu anda.

Demikian Cara Mudah Install Dual Boot Kali Linux di Mac OS jika ada pertanyaan seputar cara dual boot kali linux dengan mac os silahkan berkomentar dibawah !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Canggih) Cara Nonton Film di TV Lewat Flashdisk

2 Cara Mengambil Uang Dari Youtube Atau Adsense

15 Situs Download Film Terbaru Dalam Dan Luar Negeri