Cara Mudah Install Kali Linux melalui Jaringan (PXE)

Nextberbagi Berbicara tentang setup PXE Server tentu kita akan identik dengan  karena memang Booting dan menginstal Kali Linux melalui jaringan (PXE) sangat berguna jika kita mencari alternatif selain Install Kali Linux di Hard Disk Karena memang PXE di maksudkan dari satu laptop yang menginstal tanpa CDROM atau USB port, nah jika kita menelaah penginstallannya maka bisa disimpulkan proses  pengembangan enterprise yang mendukung pra instalasi Kali Linux.terutama bagi anda yang belum menggerti enterprise. berikut kami sediakan enterprise :
 Image result for linux jaringan
Pertama, kita perlu menginstal dnsmasq untuk menyediakan server DHCP / TFTP dan kemudian edit file dnsmasq.conf.
 
apt-get install dnsmasqnano /etc/dnsmasq.conf

Nah Dalam dnsmasq.conf , ini silahkan anda aktifkan DHCP, TFTP dan PXE booting lalu silahkan mengatur dhcp-range untuk mencocokkan lingkungan Anda. Jika diperlukan Anda juga dapat menentukan gateway dan DNS server Anda dengan dhcp-option seperti yang ditunjukkan di bawah ini: 

interface=eth0
dhcp-range=192.168.101.100,192.168.101.200,12h
dhcp-boot=pxelinux.0
enable-tftp
tftp-root=/tftpboot/
dhcp-option=3,192.168.101.1
dhcp-option=6,8.8.8.8,8.8.4.4

Dengan langsung edit, servis dnsmasq perlu di-restart agar perubahan diterapkan.
service dnsmasq restart

Download Kali PXE Netboot Images

Kemudian hal yang harus perlu kita lakukan selanjutnya adalah dengan membuat sebuah direktori untuk menyimpan image Kali Netboot dan men-download image yang kita ingin layani dari repo Kali. 

mkdir -p /tftpbootcd /tftpboot# for 64 bit systems:wget http://repo.kali.org/kali/dists/kali/main/installer-amd64/current/images/netboot/netboot.tar.gz# for 32 bit systems:wget http://repo.kali.org/kali/dists/kali/main/installer-i386/current/images/netboot/netboot.tar.gztar zxpf netboot.tar.gzrm netboot.tar.gz

Mengkonfigurasi Target untuk Boot dari Network

Kemudian setelah kita menyiapkan hal-hal di atas maka selanjutnya silahkan anda lakukan proses boot sistem target Anda dan mengkonfigurasinya untuk boot dari jaringan. Mesin target harus mendapatkan alamat IP dari server PXE Anda dan mulai booting Kali. 

Nah demikian Cara Mudah Install Kali Linux melalui Jaringan (PXE) Nextberbagi . Jika ada pertanyaan seputar install linux silahkan berkomentar dibawah ini !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Canggih) Cara Nonton Film di TV Lewat Flashdisk

2 Cara Mengambil Uang Dari Youtube Atau Adsense

15 Situs Download Film Terbaru Dalam Dan Luar Negeri